BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menyampaikan kiranya ratusan properti pada kabupaten wonosobo juga kabupaten demak dalam provinsi jawa tengah rusak sesudah diterjang angin puting beliung.

puting beliung dan lalu disertai hujan deras menerjang wilayah pada kabupaten wonosobo juga kabupaten demak, provinsi jawa tengah dalam selasa (9/4). catatan sementara menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, kata kepala pusat data info serta humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

dia menunjukan, dalam kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan serta desa banyumudal dan terletak di kecamatan sapuran pada selasa, jam 13.30 wib.

data tetapi mencatat kurang lebih 300 rumah dalam keadaan rusak tengah sampai rusak berat, katanya.

sejauh ini, papar dia, upaya penanganan baru terkendala oleh listrik yang padam dan kondisi dalam lapangan yang terletak dalam daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan kiranya Satu desa terisolir akibat jalan menuju lokasi desa itu cukup berat.

selain itu, menurut dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) dalam kabupaten wonosobo juga menyulitkan koordinasi antara pemerintah daerah setempat, tim sar, dan relawan pada penanganan bencana.

namun, pendataan pada kerusakan serta kerugian hingga ketika ini baru terus diselenggarakan, kata sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi di kabupaten demak menerjang desa pilangrejo di kecamatan wonosalam selama jam 15.20 wib.

sekitar 20 rumah mengalami kerusakan. bpbd demak baru selalu mengerjakan pendataan kerusakan dan kerugian, ujarnya.

sutopo serta menungkapkan bencana lain dan terjadi di jawa tengah selama selasa (9/4), yaitu di kabupaten kendal di jam 13.00 wib.

bencana selama kendal itu tanah longsor dalam pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu pada desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. efek sampingnya dua orang meninggal dunia juga enam orang luka-luka, ungkapnya.

semua korban itu, papar sutopo, sudah dievakuasi ke properti sakit permata medika dalam ngaliyan, semarang.