Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing yang berasal dari sejumlah negara pada wilayah asean merupakan pasar potensial yang bisa digarap lebih serius oleh para pelaku pariwisata di diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, jumlah wisatawan daripada negara-negara asean terutama singapura, malaysia juga thailand terus mengalami peningkatan dan menggembirakan, kata ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna dalam yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya jumlah wisatawan asing dari asean dan berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi dengan sejumlah aspek semisal jarak yang tak begitu jauh juga transportasi yang tambah gampang.

upaya supaya meningkatkan kunjungan wisatawan asing terutama dari asean mau diselenggarakan melalui upaya promosi, salah satunya dan paling dekat adalah jogja travel mart 2013 dan akan diselenggarakan dalam 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin menyampaikan, dalam aktifitas beriklan pariwisata tersebut, paling tidak akan dikuti dengan 130 buyers dari sejumlah negara seperti pelaku wisata pada malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia serta india.

selain dihadiri pelaku wisata dari luar negeri, aktifitas tersebut serta hendak dihadiri oleh kurang lebih 55 buyers domestik yang dan baru merupakan pasar potensial kepada pelaku wisata dalam diy.

kami hendak mengajak para pelaku wisata tersebut mengunjungi sejumlah info objek wisata wisata dan ada dalam yogyakarta dan sekitarnya agar lebih menjelaskan tujuan-tujuan wisata itu terhadap wisatawan asing, katanya.

sejumlah tujuan wisata dan ingin didatangi selama antaranya lava tour merapi mencari jeep, dan sejumlah wisata budaya dan telah adalah ikon yogyakarta semisal malioboro, keraton yogyakarta juga serta candi borobudur.

berdasarkan data daripada dinas pariwisata diy dalam 2012, wisatawan dan berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, dan 190.000 pada antaranya adalah wisatawan asing. kasus wisatawan asing tersebut mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing yang paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura dan australia.

kami berharap, melalui jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan daripada negara-negara asean mampu selalu meningkat. apalagi, hendak banyak wisata minat khusus dan menantang, semisal arung jeram di sungai progo, panjat tebing dalam pantai siung, jelajah goa dan yang lain, tutur kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.